Senin, 16 November 2009

Melatih Si Kecil Untuk Suka Akan Ilmu


Sebagai orang tua, tentu kita semua ingin anak kita cerdas. Tetapi, anak cerdas tidak lahir begitu saja. Kecerdasan perlu dilatih dan dikembangkan sejak dini. Selain dengan memberikan anak kita gizi yang lengkap dan seimbang untuk membantu perkembangan otaknya, cara melatih kecerdasan si kecil adalah dengan melatihnya untuk suka akan ilmu, melatih rasa ingin tahu dan keinginan untuk terus belajar. Bagaimana cara melatih anak kita untuk menyukai ilmu? Tips-tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

1. Mengobrollah dengan si kecil hal-hal yang Anda baca dan dengar, terutama hal-hal yang menurut Anda cukup menarik untuk dibagi dengannya.

2. Tanyakan pada si kecil pendapat mereka mengenai berbagai hal (kejadian sehari-hari, hubungan, nilai-nilai keluarga). Izinkan mereka untuk berpendapat tanpa dinilai atau dibatasi. Minta mereka menjelaskan perasaan mereka kepada Anda.

3. Dukung si kecil untuk mempunyai hobi atau minat mereka sendiri. Jika mereka menunjukkan ketertarikan akan suatu hobi, mata pelajaran, olahraga atau alat musik, dukung keinginan mereka sesuai dengan keadaan keuangan keluarga Anda.

4. Tanamkan rasa suka membaca. Rasa suka membaca harus dimulai dengan diri Anda sendiri, jika si kecil melihat Anda banyak membaca, ia pun akan tertarik. Bila mereka belum belajar membaca, bacakan cerita dari buku cerita anak untuk mengenalkan sejak dini rasa suka membaca.

5. Berikan berbagai macam pengalaman yang berbeda bagi anak Anda. Ajak dia ke kebun binatang, museum, toko buku, berolahraga atau menonton acara olahraga, berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata, berbagai permainan, puzzle, dan lainnya. Semua ini dapat mempengaruhi pilihan hidupnya di masa depan nanti.

6. Ingat bahwa Anda adalah guru terbaik bagi si kecil. Tugas mendidik anak bukanlah semata-mata tugas seorang guru di sekolah, ataupun buku-buku pendidikan dan acara televisi. Mengajar seorang anak tidak perlu memakan banyak tenaga, Anda bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti mengajak mereka menghitung jumlah rumah-rumah yang ia lewati saat berjalan-jalan sore, atau mencari huruf, angka dan warna pada menu restoran saat sedang makan keluar, dan lain-lainnya.

7. Ajak mereka bermain permainan yang melatih otak mereka. Di kolom Halo Baba tersedia berbagai ide permainan yang dapat melatih otak dan kecerdasan mereka. Selain itu permainan seperti puzzle dan membangun balok juga dapat membantu melatih otak mereka.

8. Berikan banyak waktu luang bagi mereka. Anak-anak membutuhkan waktu luang untuk mengeksplorasi dunia di luar diri mereka sendiri. Jangan memadati waktu mereka dengan terlalu banyak aktivitas, berikan mereka waktu untuk bermain, mengembangkan imajinasi mereka dan mengeksplorasi daerah sekeliling mereka di dalam rumah.

9. Mulailah sedini mungkin. Mengajarkan anak Anda untuk berdiri sendiri sangat baik untuk perkembangan otak mereka. Ada berbagai aktivitas yang mereka bisa mulai lakukan sejak balita, seperti mengupas pisang sendiri, memilih baju yang akan mereka pasang, dan lainnya. Membiarkan anak Anda melakukan hal-hal ini memberikan mereka kendali akan dunia mereka, yang akan menginspirasikan mereka untuk bereksplorasi lebih lagi.

Semua orang tua ingin mempunyai anak cerdas. Dan dengan tips-tips di atas, Anda bisa membantu mengembangkan kecerdasan mereka. Karena pada akhirnya, kitalah yang bertanggung jawab atau perkembangan dan pendidikan buah hati kita.

From Nutrisi Balita Cerdas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar